Release

Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur Ikuti Rapat Kakanwil dengan jajaran Pengamanan Lapas/Rutan/LPKA se Jawa Barat secara virtual

BOGOR – Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur mengikuti Penguatan oleh Kakanwil Kemenkumham Jabar, Masjuno, dengan jajaran Pengamanan Lapas/Rutan/LPKA se Jawa Barat secara virtual, Sabtu (27/07).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Masjuno menyampaikan bahwa kondisi lapas-lapas di Jawa Barat saat ini tidak sedang baik-baik saja. Banyak pengaduan yang masuk mengenai berbagai masalah yang terjadi di lapas, termasuk pelanggaran prosedur dan masalah keamanan, ujarnya.

Masjuno menekankan pentingnya membangun fundamental baru dalam sistem pengamanan di lapas. Ini mencakup pembenahan struktur organisasi, peningkatan disiplin, dan penegakan aturan yang lebih ketat untuk memastikan keamanan dan ketertiban, imbuhnya.

“Mindset lama dengan 3 kunci sukses pemasyarakatan (Deteksi Dini, Berantas Narkoba, Sinergi) yang sebelumnya dikenal sebagai 3 + 1 (dengan tambahan Inovasi) sekarang diubah menjadi 1 + 3. Fokus utama atau “1” adalah Deteksi Dini. Penguatan deteksi dini adalah kunci utama untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban. Tiga kunci tambahan yang mendukung deteksi dini adalah Berantas Narkoba, Sinergi dengan pihak terkait, dan Inovasi dalam pelaksanaan tugas,” tegasnya.

Masjuno juga mengajak, untuk melakukan pemetaan terhadap potensi masalah di setiap lapas. Ini mencakup identifikasi area rawan pelanggaran, sumber daya yang tersedia, dan kelemahan dalam prosedur yang ada. Dengan pemetaan yang akurat, diharapkan dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif dan efisien, harapnya.

“Mari kita Merubah gaya hidup dan pola kerja petugas pemasyarakatan menjadi lebih profesional dan berintegritas. Petugas harus menunjukkan dedikasi tinggi, transparansi, dan akuntabilitas dalam menjalankan tugas sehari-hari. Peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan petugas juga menjadi perhatian untuk memastikan mereka dapat bekerja dengan optimal,” pungkasnya.

Acara dihadiri oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur Fajar, Kasi Administrasi Kamtib, Andri, dan jajaran pengamanan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button